Bisnis Internet Indonesia

Bisnis internet indonesia studi kasus membangun toko online

Dalam membangun bisnis di internet, kadang-kadang kita berpikir bagaimana transaksi dapat dilakukan jika antara penjual dan pembeli tidak pernah ketemu.

Dalam artikel ini saya akan mengupas bagaimana system bisnis internet dapat dilakukan walaupun penjual dan pembeli tidak pernah ketemu. Pembahasan akan saya lakukan dengan mengulas studi kasus pada http://www.budayajawa.com.

1. Barang yang dijual
Dalam bisnis internet, yang paling utama adalah jenis barang yang dijual dapat berupa produk atau bahkan bukan barang yaitu seperti jasa. barang yang dijual harus jelas spesifikasinya dan dapat dipertanggung jawabkan. dalam kasus budaya jawa jawa com, barang yang dijual adalah ebook yang berupa buku-buku tentang kebudayaan jawa. jika anda ingin melakukan bisnis internet maka anda harus menetukan dulu produk yang akan anda jual. dalam kasus ini, budayajawa.com sengaja memilih produk ebook karena akan memudahkan dalam sistem pengiriman barang.

2. System Pertemuan Penjual dan Pembeli
Sistem pertemuan penjual dan pembeli adalah berapa pada website. Website sebaiknya dapat melakukan penawaran atau yang sering disebut dengan sales letter yang dapat mendeskripsikan produk secara jelas dan dapat menarik calon pembeli. selain itu website juga sebaiknya memiliki interaksi dengan calon pembeli, misalnya bagaimana calon pembeli akan melakukan pembelian dan lain sebagainya.

3. System Transaksi
System transaksi yang dapat dilakukan, tidak harus menggunakan sistem pemesanan dan pembayaran secara online seperti menggunakan kartu kredit atau lain sebagainya. ada tiga langkah dalam melakukan transaksi yaitu pemesanan barang, pembayaran, pengiriman.

Pemesanan Barang
dalam kasus www.budayajawa.com pembelian dapat melakukan pemesanan melalui keranjang belanja kemudian mengisikan data pribadi sebagai pemesan. Setelah melakukan pemesanan maka calon pembeli akan mendapatkan invove atau jumlah yang harus dibayar dan bagaimana melakukan pembayaran.

Pembayaran
Di dalam kasus www.budayajawa.com pembeli yang telah melakukan pemesanan, dapat melakukan pembayaran dengan cara transfer uang melalui rekening yang telah ditentukan. setelah pembayaran dilakukan, pembeli diwajibkan untuk melakukan konfirmasi bahwa ia telah melakukan pembayaran. konfirmasi dapat dilakukan melalui email, telp, atau bahkan sms.

Pengiriman
Pengiriman barang adalah proses melakukan pengiriman pada pembeli yang telah melakukan transaksi pemesanan dan pembayaran. jika produk dalam bentuk barang yang tidak dapat dikirm melalui internet, maka pengiriman produk sebaiknya memanfaatkan jasa pengiriman. jika produk didapat dikirim melalui internet maka sebaiknya produk dikirim melalui internet. pada kasus www.budayajawa.com karena produk yang dijual berupa ebook maka memungkinkan untuk dikirim melalui internet. pembeli yang telah melakukan pembayaran dan melakukan konfirmasi kepada pengelola budayajawa.com, maka pengelola akan melakukan pengiriman ebook yang dipesan melalui email secepatnya.

Nah, pembahasan system diatasmerupakan system yang banyak dianut oleh para pelaku-pelaku bisnis internet diindonesia. nilai-nilai dasar yang dibangun pada system ini adalah kejujuran dan kepercayaan.

Bagi anda yang ingin melakukan bisnis internet seperti diatas, kesulitan yang muncul adalah bagaimana membangun website nya, karena kebanyakan website nya memiliki harga yang cukup mahal. anda dapat memiliki script toko online dengan harga yang relatif murah. bahkan anda juga dapat menemukan script script toko online yang lain dengan harga yang murah. Jika anda menginginkan script website seperti www.budayajawa.com hanya dengan harga 100.000 saja anda dapat mengubungi saya melalui email zainulhaza@gmail.com.

Setalah anda siap dengan produk dan website anda, silahkan anda lekukan promosi dengan mengikuti teknik-teknik yang ada pada artikel di website ini.
semoga bermanfaat
Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Bisnis Internet Indonesia"
Back To Top